Kamis, 31 Desember 2015

Bibit Asam Gelugur Yang Akan Saya Tanam di Riau





Dalam waktu dekat, saya berencana akan menanam asam gelugur seluas 1 ha di Baserah, Riau.
Asal bibit dari biji. Jarak tanam 8x8 meter, mata lima atau segi tiga sama sisi.
Satu lubang tanam berisi dua batang bibit.
Yang jantan nanti akan saya tebang.
Kayunya saya jual atau saya bikin kayu api untuk memasak nira aren, karena saya juga akan menanam 1 ha tanaman aren/enau, penghasil gula aren.
Selain asam dan aren, saya juga akan menanam durian unggul, jenis kani dan monthong, seluas 1 ha juga.
Insya Allah akan sukses.
Aamiiin YRA.
*** 
Mengapa saya menanam tiga jenis tanaman di tiga hektar lahan?
Karena saya tidak mau menaruh semua telur saya dalam satu keranjang. Minimalisir resiko.
Mengapa saya tidak menanam sawit saja?
Karena saya tahu, ketiga varian tadi akan menghasilkan uang yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan apa yang akan dihasilkan oleh tanaman kelapa sawit.
***
Rencana saya, sebelum ketiga tanaman itu berproduksi, lahan akan saya tanami dengan singkong gajah secara tumpang sari.
 

2 komentar:

  1. Rencana yang luar biasa pak
    Bagaimana perkembangan pohon asamnya pak. Saya juga punya lahan di duri, riau.

    BalasHapus
  2. Di manakah lokasi jual bibitnya??
    Dan bagaimana cara membedakan bibit jantan dan bibit betina?

    BalasHapus